Jumat, 28 September 2012

Cara Menulis Berita Hard News

Cara menulis berita menentukan karir masa depan Anda. Menulis berita dibedakan dari menulis opini. Anda harus menentukan satu berita itu layak atau tidak. Kelayakanan sebuah berita ditentukan dari banyak aspek. Berita itu haruslah baru, penting, unik bukan yang biasa-biasa saja, memenuhi dua asas (kedekatan dan keterkenalan), trend dan memenuhi unsur rumusan 5W1H.

Jenis berita hard news haruslah beritanya lugas, singkat, langsung ke pokok persoalan dan berisi hanya fakta-fakta semata. Hard news itu menunjukkan isi beritanya dan cara penulisannya disebut dengan istilah straight news.

Tulisan berita hard news atau dikenal juga sebagai straight news haruslah memenuhi unsur piramida terbalik. Bahasa Inggrisnya disebut sebagai the inverted pyramid style of reporting. Lebih umum dan penting di depan dan yang lebih khusus dan kurang penting dibelakang.

Contoh tentang kebakaran pada KRI Klewang

KRI Klewang terbakar yang diduga karena kornsleting listrik di Dermaga Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat 28 September 2012. Kebakaran terjadi pada pukul 15.15 WIB. Penyebab sementara atas kapal siluman tercanggih yang dimiliki TNI itu adalah korsleting listrik di kabin inti kapal itu.

Kapal ini menerapkan teknologi berlunas tiga atau trimaran dengan bahan fiber (infus vnylester carbon fiber). Kapal ini bernomor lambung 625. Kapal perang KRI Klewang ini merupakan hasil kerja bareng antara North Sea Boats Pte Ltd atau PT Lundidn Industry dan LOMO Cean dari Selandia Baru. Kapal ini diperuntukkan berpatroli di pesisi yang panjang. Keunggulan KRI ini ringan dan efisien dalam perawatannya.

Contoh lain tentang penarikan penyidik Polri di KPK.

Hingga batas akhir kemarin, lima penyidik Polri yang ditugaskan di KPK belum melapor ke Mabes Polri. Menurut Juru bicara KPK, Johan Budi, kelima penyidik itu masih belum menyelesaikan tugas penyerahan kasus ke penyidik lainnya. Polri menarik 20 penyidiknya di KPK bersamaan dengan mencuatnya kasus Simulator Lalu Lintas di Polri. Ada dugaan penarikan itu karena kasus tersebut. 

1 komentar: