Selasa, 18 September 2012

Seorang Penulis Wajib Hukumnya untuk Menulis Setiap Waktu



Andrias Harefa dalam bukunya Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang mengatakan kemampuan untuk menuangkan ide dalam tulisan karena latihan dan belajar setiap waktu sehingga timbul keberanian untuk menulis. Perjalanan yang harus dilalui oleh seorang penulis itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Keberanian berbeda pendapat (berargumentasi) di domain publik bukan sebuah perkara kecil tanpa latihan dan belajar dari waktu ke waktu.

Agar Anda dapat menjadi seorang penulis profesional, Anda harus realistis. Ada tahapan dan proses yang harus dilewati. Waktu mengajarkan seorang penulis apakah dia tahan mendapat tempaan atau tidak. Tempaan seorang penulis adalah Anda harus realistis banyak orang mengatakan tulisan Anda akan disebut jelek atau sulit dipahami. Anda akan mengalami tekanan psikologis yang berat itu. Biasakanlah! Seorang penulis profesional haruslah berani menerima kritik karena Anda biasa mengkritikkan.

Gunawan Muhammad, penulis "Catatan Pinggir" Majalah Tempo telah menekuni menulis sejak usia belasan tahun. Mark Twain seorang penulis Amerika yang terkenal dengan berbagai bukunya The Adventures of Tom Sawyer, The Prince and the Pauper, Adventures of Huckleberry Finn dan berberbagai buku lainnya menimba ilmu melalui bacaan dan tulisan khususnya menyukai cerita-cerita lucu yang terbit di suratkabar dan berani menantang dirinya sendiri untuk menulis.  Banyak tokoh besar lahir dari penulis besar pula, seperti Thomas Alva Edison. Thomas Alva Edison suka membaca buku-buku penulis terkenal seperti Edward Gibbon, William Shakespear dan Charles Dickens. Beliau tidur hanya 4 jam sehari dan rahasia keberhasilan Thomas Alva Edison adalah "genius itu hasil 99% kerja keras". Bahkan nama Kartini tidak akan abadi dalam perjalanan waktu bila dia tidak menulis buku Habis Gelap Terbitlah Terang.

Tidaklah heran waktulah menempa seorang penulis. Tidak masalah apa yang orang katakan atas tulisan Anda. Anda harus beri apresiasi tinggi karena mereka telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan-tulisan Anda. Bila tulisan Anda masih buruk, jangan salahkan kata-kata mereka. Salahkan diri sendiri mengapa Anda tidak berlatih lebih keras lagi. Ingatlah "genius itu hasil 99% kerja keras."

Dengan kata lain, Anda jangan memutuskan berhenti dari pekerjaan Anda sekarang dan beralih menjadi penulis profesional bila jam terbang Anda masih amatiran. Sebaliknya, Anda harus mempertahankan pekerjaan Anda sekarang ini sambil terus berlatih dan mengasah kemampuan menulis di sela waktu dan kesibukan kerja Anda. Jadikanlah Anda sebagai penulis freelance. Coba Anda menulis rubrik-rubrik news ringan, seperti entertainmen, fashion, seni, perjalanan atau lainnya. Atau Anda mencoba menulis berbagai jenis tulisan, seperti menulis cerpen atau cerber. Bahkan penulis terkenal seringkali mengatakan coba deh buat cerpen. Dengan membuat cerpen, katanya, kehidupan sehari-hari dan remeh temeh Anda tulis menjadi jalinan cerita yang menarik. Ini katanya akan mengasah kemampuan menulis berbagai hal yang detail dan rinci. Jadi jangan menghukum diri sendiri dari awal bahwa Anda hanya dapat menulis non-fiksi saja.

Bahkan Anda disarankan untuk ikut semacam kursus menulis. Katanya, kursi semacam ini membantu Anda semakin chun-in dengan dunia tulis menulis. Anda juga bertemu dengan orang-orang dengan kesukaan yang sama dan bahkan menjadikan pekerjaan sebagai profesinya. Anda juga akan diajak mengisi rubrik yang diasuh mereka. Ya anggap saja Anda mencari lingkungan yang subur (milieu) untuk menghidupkan kemampuan menulis Anda.  Dan Anda juga mulai memasuki jaringan penulis di tempat Anda. Dengan kata lain, banyak lah manfaat bila Anda mau ikut kursus menulis.

Ingatlah selalu ketika menulis Anda harus menerapkan konsep 5W plus 1 H (Who, Why, Where, When, What and How). Penguasaan kemampuan ini sebuah keharusan. Kemudian, ingatlah artikel opini juga harus memakai pedoman Piramida Terbalik. Mulailah buat premis tulisan Anda. Sebaliknya jangan hanya menulis fakta-fakta saja karena Anda tidak sedang menulis berita kan.

Oleh karena itu, teruslah berlatih berlatih dan berlatih dalam dunia tulis menulis.

2 komentar:

  1. Makasih banget buat masukannya mas, saya suka blog ini.. banyak ilmu yang bisa saya dapatkan agar saya bisa menulis. Untuk saat ini target saya tidak muluk-muluk.. Saya hanya ingin orang bisa mengerti apa yang ada dipikiran saya melalui sebuah tulisan..

    BalasHapus
  2. http://beritapelangii99.blogspot.com/2017/12/john-cena-prediksi-skor-manchester-city.html

    http://beritapelangii99.blogspot.com/2017/12/sebut-ballon-dor-membosankan-maradona.html

    Pelangiasik.com | indopelangi99.com
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 25.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • Whatsapp : +855 166 75 661
    • BBM : D872D7D9
    • LINE : PELANGI99.COM

    BalasHapus