Jumat, 21 September 2012

KISS: Keep It Short and Simple



Pernah Anda mendengar prinsip KISS atau Keep It Short and Simple dalam dunia tulis menulis? Prinsip KISS menghendaki Anda lebih cenderung menulis kalimat sederhana daripada kalimat majemuk bertingkat. Kalimat sederhana membuat pembaca melahap tulisan Anda dengan ringan. Sebaliknya, kalimat majemuk bertingkat membuat pembaca berpikir lebih lama dan jelimet. Kalimat majemuk lebih sulit difahami.

Berapa banyak kata dalam kalimat sederhana? Banyak pakar jurnalistik menyebut sebanyak-banyaknya 12 kata. Kemudian, Anda harus bisa meringkas dua atau tiga kalimat menjadi satu kalimat. Bahkan dua atau tiga paragraf menjadi satu paragraf bila memungkinkan.

Prinsip KISS menghendaki penjelasan Anda dengan jelas, gamblang dan singkat. Anda harus yakin common sense pembaca dapat menangkap penjelasan Anda. Agar jelas, gamblang dan singkat, gunakan bahasa sederhana. Uraikan gagasan Anda yang kompleks satu per satu sehingga menjadi rangkaian penjelasan yang bermakna.

Prinsip KISS ini dapat terlihat jelas ketika diterapkan di bagian pendahuluan. Tulislah yang paling menarik pembaca Anda di bagian awal. Tulisan Anda itu harus dengan gaya tulisan yang menarik. Berhati-hati lah! Panjang kalimat haruslah sepanjang-panjangnya 12 kata dan jangan lebih dari jumlah tersebut. Bila lebih, penggallah dan rubah menjadi dua kalimat atau lebih.

Gunakan kalimat aktif daripada kalimat pasif. Kalimat aktif lebih to the point. Dahulukan fakta daripada opini. Anda akan menjalin hubungan dengan fakta yang Anda sampaikan itu. Bila sudah jelas, Anda tinggal memberikan opini. Tetapi, hindari menggunakan kutipan kecuali memang sangat penting di dalam tulisan Anda.

Prinsip KISS ini begitu penting. Banyak pakar dan tokoh terkenal mendukung pendapat ini. Albert Einstein mengatakan: ‘Everything should be made as simple as possible, but no simpler’.  Leonardo Da Vinci berkata: ‘Simplicity is the ultimate sophistication’.

Siapa sih penemu prinsip KISS? Kelley Johnson seorang insinyur di perusahaan Lockeed. Dia memperkenalkan akronim ini pertama kali sebagai Keep It Simple Stupid. Dalam perkembangannya khususnya di bidang komunikasi, prinsip KISS diartikan sebagai Keep It Short and Simple.

Semoga Anda dapat menggunakan prinsip KISS di dalam tulisan-tulisan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar