Minggu, 27 Februari 2011

Gunakan Kata Kunci di Mesin Pencari

Bagaimana kita mencari informasi di internet? Gunakanlah mesin pencari (search engine). Seperti perangkat kerja lainnya, Anda harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang cara menggunakan mesin pencari tersebut. Hal ini menjadi penting karena Anda dapat mendapatkan informasi secara berhasil guna dan berdaya guna. Untuk apa kita bersusah payah padahal ada cara mudah untuk mencari data yang Anda kehendaki.

Mesin pencari yang paling sering digunakan adalah google.com. Dari Information Skill yang dirilis oleh Zayed University, Oxford, 41% peselancar menggunakan google.com dan 27% untuk yahoo.com. Peselancar lainnya menggunakan jenis mesin pencari lainnya, seperti infoseek, Exit, Goto, Caccha, AOL, Vivisimo, Altavista, Lycos, Ask, Alltheweb dan Theoma. Anda tinggal menulis atau mengklik di program penjelajah web antar-platform gratis (browser), seperti Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, Netscape Navigator, NeoPlanet.

Mesin pencari itu akan mencari informasi yang Anda maksudnya. Ada berbaga jenis informasi di internet, seperti teks, indeks/abstrak, suara/lagu, gambar/foto/image, perangkat lunak, video, film, game, animasi. Atau informasi itu dapat pula berupa data statistic, formula/paten, catalog perpustakaan, catalog produk dan berita. Kemudian, format file sendiri berbeda-beda tersedia, seperti format .doc, .txt, .rtf, .pdf untuk text. Format file juga berbeda untuk images, animasi, video, audio, web dan program. Mesin pencari akan mencari apa yang Anda kehendaki bila Anda sudah pasti mencari informasi dengan format file tertentu.

Mesin pencari akan mencari, misalnya alamat situs (URL) yang sudah kita ketahui. Anda tinggal copy paste dan menempatkan di http://.... di mesin pencari. Gunakan pula logika Boolean yaitu AND , OR , NOT ketika Anda menelusuri di mesin pencari. Misalnya, tulislah pemilukada AND korupsi.

Kemudian, Anda dapat menggunakan frase (phrase search) dengan menggunakan tanda “……” atau (…..). Hal ini memungkinkan mesin pencari untuk menelusuri frase itu sebagai gabungan beberapa kata. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan format pdf., ppt., doc dan lainnya dengan menuliskan filetype:pdf atau filetype:doc atau filetype:ppt. Lengkapnya dapat berupa: pemilukada OR korupsi filetype:pdf.

Anda juga dapat menggunakan cara lain, seperti melakukan pemenggalan kata (tructation), penggunaan huruf besar atau huruf kecil secara bersamaan atau sendirian atau penggunaan fasilitas pencarian lain di mesin pencari seperti basic search, Advanced Search, Publication search dan lainnya.

Dengan kata lain, pengetahuan cara berselancar dapat menjadi penting karena Anda akan cepat sampai ke tempat tujuan. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar