Sabtu, 05 Februari 2011

Tulislah Artikel yang Tidak Lebih dari 300 kata

Seorang penulis pemula harus berlatih menulis sebuah artikel yang tidak lebih dari 300 kata. Mengapa? Apakah penulis pemula tidak boleh menulis artikel lebih dari 300 kata? Mengapa penulis harus berlatih? Apa manfaat yang dapat diambil dari berlatih menulis, membaca dan berlogika?

Pada prinsipnya tidak ada larangan seorang penulis pemula menulis sebuah artikel yang lebih dari 300 kata. Menulis sebuah artikel yang tidak lebih dari 300 kata sama dengan satu halaman spasi rapat pada program Microsoft Office Word. Harus diakui menulis sampai satu halaman merupakan sebuah sukses kecil bagi seorang penulis pemula.

Mengapa disebut sukses kecil? Anda telah berhasil melewati keraguan atas kemampuan menulis Anda apakah saya bisa menulis. Bila dapat melewati hambatan psikologis ini dengan berhasil, Anda akan menjadi seorang penulis besar. Banyak penulis tidak berani menuangkan gagasannya meskipun mereka telah dipenuhi teori menulis. Jadi, langkah raksasa dimulai dari langkah pertama Anda.

Anda juga sukses karena artikel yang Anda buat dapat Anda edit. Anda harus berani merubah kalimat-kalimat dalam artikel Anda. Kemampuan editing hanya akan tumbuh berkembang bila Anda sering gunakan. Dalam benak Anda sudah tahu tentang 3 sukses menulis artikel gila: sukses menuangkan gagasan gila, teknik penulisan yang gila dan mencantumkan referensi yang gila.

Lupakan aturan, teori dan segala macam teknik menulis. Mengikuti aturan, teori dan teknik menulis ini dan itu akan membuat Anda terhambat dan ragu. Menulis adalah sebuah kegilaan yang secara sadar diakui dan dijalankan. Parameter yang disebutkan di atas hanya membimbing kita untuk mematuhi adab menulis saja. Di luar itu mari kita melakukan kegilaan secara sadar.

Ketika Anda berhasil menulis sebuah artikel yang tidak lebih dari 300 kata berarti Anda dapat menulis artikel lainnya pada hari itu juga dan hari-hari berikutnya. Janganlah terlalu lama jedah dan berhenti untuk tidak menulis. Seorang olahragawan harus berlatih dua-tiga hari berikutnya. Karena menulis itu olah raga logika, maka seorang penulis harus bisa menulis artikel yang tidak lebih dari 300 kata dua-tiga artikel per hari.

Dengan berbagai sukses kecil itu, Anda tinggal menunggu sukses besar di masa depan. Anda akan mudah menuangkan gagasan di artikel yang panjangnya lebih dari 10 halaman atau membuat buku, novel atau tulisan lain dengan ringan dan ceria. Sekali lagi, sukses kecil menuangkan gagasan gila, teknik penulisan gila dan mencantumkan rujukan gila akan membuat Anda sebagai penulis besar di kemudian hari.

1 komentar:

  1. Lagi proses belajar menulis yang baik dan benar saya mas :D

    BalasHapus