Minggu, 22 Juli 2012

Pengembangan Paragraf Seperti Memotivasi Diri untuk Berkembang

Cara mengembangkan paragraf sungguh mengesankan. Pertama-tama seperti biasa anda mengusulkan sebuah topic sentence di kalimat pertama paragraf anda. Di dalam sebuah topic sentence ada dua hal yang mendasar: sebuah topik dan controlling idea. Selain peran topic sentence untuk menghubungkan dengan thesis dan esai serta mengembangkan thesis, ternyata kalimat ini juga harus dapat dikembangkan pada kalimat-kalimat pendukung paragraf. Kemudian, kalimat pendukung (supporting sentence) berfungsi sebagai pengingat kembali atas topic sentence tersebut. Untuk lebih jelas, kita menelaah sebuah paragraf:

One of the most controversial elements of Turkish foreign policy has been the attempt by the Justice and Development party (AKP) to cultivate closer ties to Iran. Prime Minister Recep Tayyip Erdogan's rapprochement with Tehran has raised concerns in Western capitals that Ankara is drifting away from the West. Differences over Iran's nuclear program have heightened these fears. In defiance of the United States and other key NATO members, such as the United Kingdom and France, Turkey has downplayed the danger posed by Iran's nuclear policy and attempt to elude constraints imposed by the Nuclear Nonproliferation Treaty. The most acute example was in June 2010, when, bucking its Western allies, Ankara voted against a new UN sanctions regime that would target Iran's military.
 
Ada yang menarik pada kalimat pendukung pertama setelah topic sentence di atas, yaitu Prime Minister Recep Tayyip Erdogan's rapprochement with Tehran has raised concerns in Western capitals that Ankara is drifting away from the West. Hal ini menafsirkan atas topic sentence: topik (kebijakan kontroversial) dan controlling idea (kedekatan dengan Iran). Tafsirannya atas controlling idea itu terjadi drifting away from the West. Penulis mengajukan kalimat pendukung ketiga berupa contoh tentang kebijakan Turki yang berbeda dalam kebijakan nuklir Iran. Contoh berikutnya pada kalimat pendukung keempat: Penolakan Turki atas sanksi atas militer Iran.
 
Dengan kata lain, di sebuah paragraf sebuah topic sentence harus dijelaskan lagi dengan kalimat pendukung penafsir yang bisa satu frase, satu kalimat atau dua kalimat. Berikutnya, contoh tidak dibiarkan begitu saja. Contoh dapat dimasukkan satu atau dua atau lebih untuk memperjelas penafsiran itu.
 
Pengembangan paragraf ini dapat tercapai dengan tetap memenuhi empat kriteria pengembangan paragraf: kesatuan, hubungan paragraf dengan thesis statement, koherensi dan kejelasan pengembangan. Dengan kata lain, rangkaiannya adalah topic sentence - penafsiran atas topic sentence - pengajuan contoh dengan penafsiran yang dapat lebih dari satu contoh - kalimat transisi untuk masuk ke paragraf berikutnya.
 
Dengan demikian, dapat disimpulkan pengembangan paragraf merupakan sebuah cara yang menarik seorang penulis harus elaborasi sedemikian rupa. Seorang penulis harus mengembangkannya secara sadar dan terencana. Hal ini memungkinkan dia seperti sedang memulai peperangan dan berupaya memenangkannya. Mengapa seorang penulis akan mengembangkan cara pengembangan di atas. Atau pendapat penulis lain tentang hal yang sama: Creative - Narration--Description--Process--Exemplification--Comparison/Contrast--Definition--Cause and Effect--Analytical.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar