Sabtu, 20 November 2010

Menahan Kencing

Acapkali banyak orang menahan kencing. Pria dan wanita melakukannya karena situasi yang sangat tidak memungkinkan. Hal ini terjadi ketika misalnya sedang berada di ruang rapat, terjebak dalam kemacetan atau toilet umum tidak tersedia di lokasi. Sebenarnya menahan kencing adalah sebuah kebiasaan yang tidak baik karena orang yang bersangkutan rentan atas infeksi dan masalah kesehatan lainnya. Akibatnya terjadi infeksi saluran kencing (ISK).

Urin atau air kencing atau air seni adala cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Tubuh sendiri sudah menghendaki agar urin dapat dikeluarkan secepatnya dan segera mungkin. Dengan tidak menahan air kencing, infeksi saluran kemih dapat dicegah. Ketika seseorang menahan kemih membuat pompa kandung kemih memberikan tekanan yang tinggi. Secara langsung hal ini dapat mengakibatkan kerusakan ginjal. Ada beberapa gejala berkenaan dengan menahan kencing ini, seperti kencing tidak lancer, kencing harus mengendan, kencing tidak tuntas atau merasa anyang-anyangan atau panas di sekitar alat kelamin.

Apa yang terjadi bila sering menahan kencing? Baik pada pria maupun wanita, terjadi rasa tidak tuntas. Maksudnya, setelah seorang buang air kecil, ada perasaan selalu ada sisa air seni di alat kelamin. Hal ini terjadi karena saluran uretra yang menghubungkan lubang kecing (uretra) dan kandung kencing mengalami pembesaran yang disebut pembesaran prostat.

Pembesaran ini menyebabkan seseorang mengalami sejumlah masalah pengeluaran air seni, seperti frekuensi buang air kecil bertambah, air kemih menetes dan pengeluaran terjadi berlang-ulang atau pengosongan kandung kemih tidak tuntas.

Cara untuk mengatasi menahan kencing adalah jangan sering-sering menahan diri untuk buang air kencing terlalu lama. Bersegeralah bila atas isyarat di syaraf untuk buang air kecil. Kemudian, perbanyak untuk mengkonsumi air putih. Setidaknya Anda punya kebiasaan minum 2,5 liter air per hari. Usahakan minum sebelum Anda pergi tidur. Selain itu, hindari konsumsi obat atau jamuan secara serampangan. Hal ini hanya menambah timbunan kristal di dalam saluran kemih. Jadi, Anda hidup sehat karena Anda punya gaya hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar