Selasa, 05 Juli 2011

Fakta dalam Penulisan

Bila kita bicara tentang hal yang pasti-pasti saja. Yang pasti menulis sebuah artikel tidak hanya berisi gagasan-gagasan semata. Sebuah artikel juga berisi fakta dan informasi. Fakta dan informasi itu akan mendukung gagasan-gagasan yang Anda sampaikan. Menyusun fakta dalam tulisan akan lebih mudah apabila Anda dapat menyusun fakta dan informasi beserta sumbernya menurut standar penulisan yang berlaku seperti upaya terhindar dari jebakan plagialirisme.

Memang momok yang seorang penulis harus hadapi adalah mengenai plagiarisme. Ada kemungkinan besar Anda terjerumus ke dalam perbuatan plagiat bila standar penulisan tidak diperhatikan. Salah satu faktor yang dapat menjerumuskan Anda ke dalam perbuatan ini adalah penggunaan fakta dan informasi dalam tulisan Anda.

Misalnya, Anda tidak memasukkan sumber fakta dan informasi yang Anda gunakan. Anda hanya mengutip fakta dan informasi tetapi ketika Anda ditanya dari mana sumbernya. Banyak di antara penulis kurang perhatian atas masalah ini. Jadi sumber fakta dan informasi harus diperhatikan dengan baik. Kemudian, sumber fakta dan informasi juga haruslah terpercaya. Hindari mengambil sumber yang kurang dipercaya.

Sebagai penulis, Anda sudah terbiasa menggunakan komputer sebagai media menulis. Anda dapat gunakan perangkat words office dan sejenisnya untuk mempermudah proses penulisan Anda. Bila ada teks di situs internet yang sesuai dengan tulisan Anda, copy paste dokumen itu plus alamat situsnya. Sertakan juga notes Anda pada copy paste tersebut.

Anda pasti pula menggunakan buku, makalah atau CD dan sebagainya. Buatlah sistem filing atas buku, makalah atau CD tersebut. Buatlah label per setiap folder buku, makalah atau CD sehingga Anda dapat menggunakan buku, makalah atau CD dengan mudah.

Janganlah pula dengan bibliografi. Bibliografi akan menyempurnakan tulisan Anda. Kemudian, buatlah sistem filing notes yang Anda sudah buat. Buatlah tanda kutipan untuk bagian informasi yang Anda kutip. Apabila masalah administrasi selesai dijalankan, Anda sudah menghindari sebuah masalah mendasar, yaitu plagiarisme.

Kemudian, bagaimana Anda menggunakan fakta dan informasi dalam sebuah tulisan? Sebenarnya fakta dan informasi dalam tulisan adalah sebuah argumen implisit. Karena fakta dan informasi sebagai argumen implisit, Anda akan menjawab pertanyaan seperti "mengapa cek pelawat terjadi di kalangan politisi DPR?"; "mengapa politisi harus menyetor uang ke partainya?"; "Mengapa korupsi politik tidak dapat diberantas?" Oleh karena itu, fakta atau informasi itu berupaya menjawab pertanyaan tentang mengapa dalam format 5H + 1 H.

Dengan demikian, Anda akan mudah menulis sebuah tulisan. Hal ini karena Anda telah membuat sistem filing dan notes yang memenuhi standar. Kemudian, Anda dapat memanfaatkan fakta dan informasi untuk menjawab pertanyaan "mengapa". Jadi, jangan sia-siakan pengetahuan Anda tentang fakta dan informasi ini untuk menunjang proses argumentasi Anda dalam menulis.

Semoga berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar